Menu

Blog Desa Batukarut

Blog ini dibuat atas inisiatif salah satu media informasi warga yang ada di wilayah Desa Batukarut, yaitu Radio Komunitas Kombas FM. Kepada para pembaca blog ini kami nantikan masukannya berupa kritik atau saran, serta partisipasinya dalam mengisi artikel/informasi-informasi yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Batukarut khususnya dan masyarakat luas pada umumnya, trims (dadang dharsana)

Senin, 02 April 2012

Sarana dan Prasarana Desa


SARANA PENDIDIKAN

Desa Batukarut memiliki sarana pendidikan antara lain PAUD, Taman Kanak-kanak, Taman Pendidikan Al-Quran, Sekolah Dasar Negeri (SDN), SLTP dan SLTA sampai saat ini belum terdapat Perguruan Tinggi sehingga mayoritas siswa lulusan SLTA di Desa Batukarut bersekolah diluar desa. Adapun penjelasan lebih lengkap mengenai tiap-tiap sarana pendidikan diatas adalah sebagai berikut:

1.   PAUD
PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Batukarut  terdapat  14  buah yang tersebar di tiap-tiap RW. Masing-masing PAUD sampai saat ini belum memiliki bangunan permanen kebanyakan diantaranya menggunakan Kantor RW atau Madrasah yang dibimbing oleh Pengurus Posyandu di RW yang bersangkutan.  Kendala utama tidak adanya bangunan khusus untuk PAUD sampai saat ini adalah keterbatasan biaya pembangunan mengingat sumber pendanaan PAUD yang berasal dari orangtua murid bersifat sukarela sehingga tidak mencukupi bahkan untuk kebutuhan operasional PAUD itu sendiri. Fasilitas di masing-masing PAUD sangat minim, para pengajar hanya menggunakan peralatan seadanya.

2.   Taman Kanak-kanak (TK) dan Taman Pembelajaran Al-Quran (TPA)
Terdapat … buah Taman Kanak-kanak di Desa Batukarut yakni, TK Seroja, TK ….. dan TK ….. TK Seroja terbilang TK paling favorit di tingkat Kecamatan Arjasari karena jumlah muridnya banyak sekali , dari sekira 350 murid TK se Kecamatan Arjasari, 125 murid diantaranya terdapat di TK Seroja, selain daripada itu kondisi TK Seroja cukup memadai, mudah dijangkau dan murah.  TK Seroja terletak di Kp. Kebon Kalapa RT 02/ RW 03. Sedangkan TPA yang ada di Desa Batukarut ada … buah, satu diantaranya terdapat di Kp. Kebon Kalapa RT 04, kondisinya cukup bagus, ruang kelas memadai, halaman luas, muridnyapun cukup banyak.

3.   Sekolah Dasar
Di Desa Batukarut terdapat 6 buah sekolah dasar yakni, SDN Batukarut I, II, IV,V, SDN Adetex dan SDN Wanasuka.

4.   Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama
Sekolah Menengah Pertama
Di Desa Batukarut terdapat 1SLTP yaitu SLTP Handayani I yang terletak di RW 02 Kp. Nambo

5.   Sekolah Lanjutan Tingkat Atas
Sekolah Menengah Atas
Di Desa Batukarut terdapat 2 buah SLTA yaitu SMA Handayani II dan SMK Handayani yang terletak di RW 02 Nambo.
  
No
Tingkatan Sekolah
Nama Sekolah
Lokasi
Jml Pengajar
Jml Murid
1
Prasekolah
Paud Bunga Tanjung
RW 01 Bj.sereh


Paud Sekar Melati
RW 02 Nambo


Paud Mawar
RW 03 Keb. Kalapa


Paud Dahlia
RW 04 Sirnasari


Paud Kenanga
RW 05 Sirnasari


Paud Cempaka
RW 06 Gempol


Paud Flamboyan
RW 07 Batukarut


Paud Fajar
RW 08 Talun


Paud Anggrek
RW 09 Cigentur


Paud  Melati
RW 10 Cigentur


Paud Cempaka Putih
RW 11 Cihamerang


Paud Anyelir
RW 12 Nambo


Paud Bougenvil
RW 13 Cihamerang


Paud Sedap Malam
RW 14 Cihamerang


TK Seroja
RW 03 Keb. Kalapa
5
125
RA. Al Wardah
RW 03 Keb. Kalapa










2
SD
Batukarut I
RW 07 Batukarut
18
380
Batukarut II
RW 12 Nambo
11
283
Batukarut IV
RW 10 Cigentur
12
190
Batukarut V
RW 12 Nambo
8
195
Adetex
RW 01 Bj.Sereh
18
603
Wanasuka
RW 08 Talun
6
135
3
SLTP
SMP Handayani I
RW 02 Nambo
24
235
4
SLTA
SMA Handayani II
RW 02 Nambo
20
539
SMK Handayani
RW 02 Nambo
27
398


SARANA AGAMA

Kegiatan keagamaan di masyarakat Desa Batukarut pada umumnya berpusat di masjid-masjid, mushola dan madrasah setempat. Terdapat 21 buah masjid dan 5 buah mushola, serta 7 madrasah di Desa Batukarut.  Rata-rata kondisi bangunan masjid atau mushola tersebut terbilang layak pakai, hal ini terlihat dengan tidak adanya kerusakan pada kondisi fisik bangunan maupun tempat berwudhu. Fasilitas-fasilitas seperti Al-Quran, alat pengeras suara, mimbar, serta sajadah sudah tersedia di masing-masing masjid maupun mushola dan cukup memadai dalam menunjang kegiatan keagamaan yang diselenggarakan disana. Permasalahan yang terkadang dihadapi adalah kecilnya kapasitas yang dapat ditampung oleh beberapa mushola akibat bangunan yang tidak terlalu besar, tidak sebanding dengan banyaknya jumlah jamaah mushola tersebut.

No
Jenis
Jumlah
Lokasi
1
Masjid
21
Menyebar
2
Mushala
5
Menyebar
3
Langgar
-

4
Madrasah
7
Menyebar
5
Gereja
-

Jumlah
33 Buah



SARANA OLAH RAGA

Di Desa Batukarut terdapat sarana olahraga seperti : lapangan bulutangkis, lapangan sepakbola, serta lapangan voli. Tiap-tiap sarana tersebut terbilang cukup memadai namun membutuhkan perawatan dan pemeliharaan secara rutin demi menjaga kondisi sarana tersebut tetap baik.

No
Jenis
Jumlah
Keterangan
1
Lapang Badminton/ GOR


2
Lapang Sepakbola


3
Lapang Futsal


4
Lapang Voley Ball


5



Jumlah



 
SARANA KESEHATAN

1.       PUSKESMAS
Terdapat 1 buah Puskesmas dan Tempat Perawatan yang terletak di RW 02 Nambo, kondisinya cukup memadai untuk pelayanan warga Desa Batukarut, bahkan karena letaknya berdekatan dengan Desa lain tidak heran Puskesmas ini sering juga dikunjungi oleh masyarakat dari desa tetangga.

2.       POLINDES
      Di Desa Batukarut tidak terdapat Polindes

3.       POSYANDU
Terdapat 14 Posyandu yang tersebar di tiap-tiap RW, Kondisinya mayoritas terbilang bagus, termasuk perlengkapannya cukup memadai, meskipun ada beberapa posyandu yang masih perlu ditingkatkan lagi kondisinya.

No
Nama Posyandu
Lokasi
Ketua Posyandu
1
Bunga Tanjung
RW 01 Bj.sereh
Een Maemunah
2
Sekar Melati
RW 02 Nambo
Dewi Retno
3
Mawar
RW 03 Keb. Kalapa
Dian Indriani
4
Dahlia
RW 04 Sirnasari
Euis Halimah
5
Kenanga
RW 05 Sirnasari
Wawang
6
Cempaka
RW 06 Gempol
Widaningsih
7
Flamboyan
RW 07 Batukarut
Iyah Dariah
8
Fajar
RW 08 Talun
Cucun
9
Anggrek
RW 09 Cigentur
Tati Suwarti
10
Melati
RW 10 Cigentur
Imas Ika
11
Cempaka Putih
RW 11 Cihamerang
Tintin Trimayani
12
Anyelir
RW 12 Nambo
Hartini
13
Bougenvil
RW 13 Cihamerang
Enti Susanti
14
Sedap Malam
RW 14 Cihamerang
Tati Sumiati


SARANA PEMERINTAHAN

 1    Kantor Desa
Kantor Desa Batukarut memiliki ruangan yang cukup lengkap seperti ruang kepala desa, ruang kesekretariatan, ruang balai desa, serta ruangan-ruangan lain. Kondisi fisik bangunan kantor desa terbilang bagus, tidak terlihat adanya kerusakan yang berarti. Fasilitas yang ada di kantor desa pun terbilang cukup memadai, memiliki komputer, sound sistem, dll namun ada beberapa yang tampaknya perlu diadakan peremajaan terhadap fasilitas-fasilitas tersebut sebab kondisinya sudah lawas meskipun masih dapat digunakan sampai sekarang.

2.   Kantor BPD
Kantor BPD di Desa Batukarut terbilang masih layak pakai namun kondisi fisiknya perlu diremajakan, demikian juga fasilitasnya masih perlu dilengkapi lagi.

3.   Kantor BUMDES
Secara khusus Desa Batukarut belum memiliki Kantor BUMDES, namun untuk pelaksanaan kegiatannya dilaksanakan di bangunan Kantor Desa.

4.   Kantor LPMD
Desa Batukarut telah memiliki Kantor LPMD secara terpisah, kondisinya masih memadai, namun karena jarangnya kantor tersebut ditempati sehingga kondisinya kurang terawat.

5.   Kantor RW
Hampir semua RW telah memiliki Kantor RW , dan mayoritas terbilang masih layak pakai, kabanyakan Kantor RW dalam kegiatan sehari-harinya dipakai oleh kegiatan Posyandu.

SARANA UMUM

 1.   Mandi Cuci Kakus (MCK)
MCK di Desa Batukarut sebagian besar terletak di tingkat RW, dengan sumber air yang cukup memadai, maun ada beberapa yang kondisinya kurang terawat.

2.   Jalan Desa
Jalan desa di Desa Batukarut sebagian besar kondisinya masih bagus, sementara hanya sebagian kecil jalan di Desa Batukarut yang perlu diperbaiki.

3.   Irigasi
Sarana Irigasi di Desa Batukarut kondisinya terbilang baik dikarenakan sebagian besar baru mendapatkan perbaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar